dr.Hj. Dewi Chailaty Nst, M. Kes (Kadinkes Kab. Batu Bara)

Lima Puluh, dinkes.batubarakab.co.id :

Tujuan umum Program Revitalisasi Pustu adalah menghidupkan kembali fungsi, peran dan kinerja Pustu dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang terjangkau dan bermutu, sehingga dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi–tingginya, “ kata Kepala Dinas Kesehatan Kab. Batu Bara dr. Dewi Chailaty, M. Kes, pada saat melakukan Launching Program Revitalisasi Pustu wilayah Kabupaten Batu Bara, Senin dan Selasa (23-24/11).

Sebagai pilot projec program, launching dilakukan pada delapan Pustu di tahun 2015, yaitu : Pustu Pematang Cengkering wilayah Puskesmas Lalang, Pustu Desa Durian wilayah Puskesmas Pagurawan, Pustu Pematang Jering wilayah Puskesmas Sei. Suka, Pustu Desa Tanjung Kubah wilayah Puskesmas Indra Pura, Pustu Lima Laras wilayah Puskesmas Tanjung Tiram, Pustu Desa Pahang wilayah Puskesmas Labuhan Ruku, Pustu Desa Lubuk Besar wilayah Puskesmas Simpang Dolok, dan Pustu Mekar Mulyo wilayah Puskesmas Sei. Balai.   Untuk tahun berikutnya program revitalisasi akan dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan di 52 Pustu lainnya wilayah Kab. Batu Bara, “ ujarnya.

Revitalisasi ini nantinya juga akan sejalan dengan perbaikan Pustu yang selama ini terbengkalai. Perbaikan yang akan dilaksanakan akan membuat Pustu mampu untuk melaksanakan pelayanan kesehatan yang optimal. Pelayanan kesehatan yang dilakukan akan sama seperti pelayanan Puskesmas pada umumnya. Pustu akan menjadi pilihan utama masyarakat untuk dimanfaatkan, karena Pustu merupakan satu-satunya pelayanan kesehatan dasar yang terdekat dan sangat mudah untuk di jangkau oleh masyarakat, “ kata beliau mengakhiri sambutannya.

Acara launching Program Revitalisasi Pustu ini, dihadiri oleh puluhan warga masyarakat yang berdomisili diwilayah Pustu, yang ditandai dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara gratis, pemberian PMT untuk Ibu Hamil KEK, serta pemberian PMT bagi Balita gizi buruk dan gizi kurang. (afh)