Wakil Bupati Batu Bara Harry Nugroho pada Puncak Peringatan HKN ke-51 Tingkat Kab. Batu Bara

www.promkeskabbatubara@gmail.com         

          Mewakili Bupati Batu Bara pada Puncak Peringatan HKN ke 51 Tingkat Kabupaten Batu Bara Tahun 2015 di lapangan sepak bola Lima Puluh (Kamis, 26/11),  Harry Nugroho (Wabup Batu Bara, red) menyatakan, bahwa Peringatan Hari Kesehatan  Nasional tahun ini dapat menjadi sebuah momentum yang tepat untuk menyampaikan kepada masyarakat di seluruh pelosok Kabupaten Batu Bara agar bangkit dan mulai meninggalkan cara menjaga kesehatan yang bersifat kuratif menuju semangat preventif dan promotif. Sehingga pesan utama kesehatan adalah menjaga keluarga, dan menjaga lingkungan sekitar agar terhindar dari penyakit. Di tengah meningkatnya penyebaran fasilitas pelayanan kesehatan, bertambahnya jumlah dan kompetensi tenaga kesehatan disemua jenjang fasilitas pelayanan kesehatan, distribusi obat yang semakin membaik. Kita di Kabupaten Batu Bara masih menghadapi berbagai tantangan pembangunan kesehatan, seperti masih tingginya jumlah Kematian Ibu, jumlah Kematian Bayi, prevalensi gizi buruk, serta beberapa jenis penyakit menular, seperti penyakit kaki gajah, malaria, demam berdarah, TBC dan penyakit tidak menular, seperti Diabetes Mellitus, hypertensi dan lainnya. Tentunya untuk menjawab tantangan tersebut, berbagai upaya telah dilakukan diantaranya program Eliminasi Kaki Gajah yang dilaksanakan selama 5 tahun, Eliminasi Malaria, Program Kelas Ibu Hamil, Pemberian Makanan Tambahan bagi Balita Gizi Buruk dan Balita Gizi Kurang," papar Wabup Batu Bara.

          Selanjutnya Wabup mengajak, untuk mensukseskan upaya-upaya tersebut harus mendapat dukungan dari semua elemen, sehingga tujuan untuk meningkatkan kesadaran,  kemauan, dan kemampuan masyarakat untuk hidup sehat dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya dapat terwujud. Diharapkan melalui tema HKN “Indonesia Cinta Sehat : Generasi Cinta Sehat, Siap Membangun Negeri”. Berarti kita semua, bangsa Indonesia dari berbagai usia, yaitu : bayi, balita, anak, remaja, dewasa, dan lansia turut serta dalam pembangunan kesehatan, mengingatkan kembali bahwa sehat itu harus dijaga, bergaya hidup sehat serta berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional untuk dapat mencapai layanan kesehatan yang kuat.    

          Sebelum mengakhiri sambutannya, Wabup mengajak semua pihak untuk bekerja sama dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan yang sedang kita lakukan untuk masyarakat. Saya percaya, apabila dengan sungguh-sungguh melakukannya, kita akan mampu mencapai hasil yang lebih baik ke depannya.

        Selamat Hari Kesehatan Nasional, “Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri” sehingga kita akan dapat mewujudkan Batu Bara Sejahtera Berjaya, menuju Batu Bara Gemilang," ungkapnya mengakhiri sambutan Bupati Batu Bara.